fbpx

Blog

Hidroponik Sederhana Bagi Pemula

by in Blogs September 26, 2020

Hidroponik sebenarnya sudah ada sejak ribuan tahun. Sekitar 612 SM dari sejumlah penelitian, ternyata sistem hidroponik sederhana sudah ada ditaman gantung Babilonia. Selama berabad-abad, hidroponik terus menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia.

Sepintas sistem hidroponik dikenalkan berbagai macam tampaknya rumit. Namun, setelah kita memahami bahwa Hidroponik bisa dibilang sangat mudah bagi pemula.

Jangan sampai kita terkecoh atau pusing mikirin berbagai macam sistem hidroponik. Karena itu, kawan-kawan yang tertarik mencoba hidroponik untuk berkebun dan berbisnis sayuran atau buah-buahan. Yuk, simak panduan lengkap bertanam hidroponik sederhana berikut ini.

Sebelum masuk ketahap produksi untuk memenuhi kebutuhan konsumen atau skala hobi untuk konsumsi sendiri. Supaya, tanaman ini mendapatkan hasil maksimal dan konsisten. Ada 3 langkah penting yang harus kita lalui pada saat kita ingin bertanam hidroponik.

Langkah Pertama – Hidroponik Sederhana

Pertama belajar menanam dulu. Hal penting, tumbuh dulu. sedangkan, kawan-kawan sama sekali belum pernah tanam. ada baiknya, coba lakukan tanam terlebih dahulu. bagaimanapun, hasilnya seperti apa yang penting tumbuh dulu.

Mulai Belajar Hidroponik Tanam Dulu

Semai

Pastikan bahwa tidak perlu memperdulikan sistem yang kita gunakan. lalu tanaman apa yang cocok untuk memulai hidroponik? tanaman yang mudah dulu, seperti kangkung dan bayam, tanaman yang cukup terkenal kuat.

Terutama yang awal-awal belajar. tidak pernah memperdulikan bentuknya dulu, yang penting tanaman yang tumbuh dulu. Belajar mulai dari tahap semai. Setelah persemaian, bisa merawat tanaman remaja. setelah itu, bisa belajar tanam beberapa jenis sayuran. jadi, supaya kita tahu setidaknya macam-macam sayuran punya karakter yang berbeda.

Kenali Masalah Awal Hidroponik

Tanaman itu ideal atau tidak. Untuk lingkungan penanaman tempat kita sendiri, ada tanaman yang memang ideal untuk dataran tinggi, dataran menengah dan dataran rendah.

Belajar dulu pada saat semaian. Saat semai ada masalah awal yang sering muncul. Biasanya, kurang sinar matahari pada saat semai menyebabkan masalah kutilang (kurus tinggi langsing). Tahap remaja pun ada masalah yang sering muncul. contohnya, tanaman layu saat siang hari. Masalah-masalah pertubumbuhan seperti apa itu banyak sekali. Bagaimanapun, tahap pertama ini belajar yang penting tumbuh dulu.

Langkah Kedua – Tanaman Ideal

semai sampai Tanaman

Tahap kedua kedua Hidroponik sederhana. Belajar hidroponik untuk menanam yang ideal. Supaya, kawan-kawan mengetahui karakter dari tanaman ini tumbuh seperti apa.

Tanaman kangkung itu sebetulnya seperti apa. Selanjutnya, pakcoy seperti apa. Dan juga, caisim seperti apa. Apalagi jenis lettuce atau selada itu banyak sekali. Bisa browsing dulu di tahap kedua ini, bisa belajar hidroponik. Bagaimana tanaman yang kita tanam ini bisa tumbuh dengan baik.

Pentingnya Kebutuhan Tanaman yang Ideal

ppm ph

Harus bedakan antara tumbuh dengan ideal dan tumbuh tanaman yang asal tumbuh. Sebenarnya, tumbuh ideal itu termasuk dengan jangka waktu tanam jadi harus teliti dan telaten.

Tahap kedua ini juga kita mulai memikirkan instalasi. Bagaimanapun, tempat penanaman kita ini yang ideal seperti apa. Saatnya mempelajari air baku, TDS, PPM, EC, pH dan instalasi hidroponik. Berikutnya, TanamHidroponik.com akan memberikan artikel mengenai Sistem Hidroponik, Alat Ukur Hidroponik, Awal Menanam Hidroponik dan banyak tutorial. Support terus biar semangat.

Nutrisi Tanaman Hidroponik

Mungkin, kawan-kawan pernah lihat beberapa video atau artikel. Ada tabel kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan untuk setiap tanaman.

Untuk pemberian larutan nutrisi tanaman hidroponik. Umumnya, diberikan secara bertahap setiap minggu. dengan nilai kepekatan PPM yang terus bertambah hingga mencapai nilai PPM maksimal. untuk setiap kebutuhan tanaman yang berbeda-beda.

Misalnya tanaman kangkung nilai PPM maksimalnya 1200PPM, usia hingga panen adalah 18-21 HSS atau 18-21 Hari Setelah Semai. kita bisa memberikan nutrisi untuk tanaman kangkung tersebut dari minggu pertama semai hinggu menjelang panen dengan nilai ppm dari kecil ke besar hingga mencapai nilai ppm maksimal. contohnya,

  1. 1 hari setelah semai sampai 7 HSS 300-500ppm
  2. 7HSS-14HSS (minggu ke 2) 500-800ppm
  3. minggu ke 3 sampai panen 800-1200ppm

Hidroponik Mudah untuk Pemula sampai Skala Industri

Nutrisi Hidroponik
Paramudita Nutrient

Bagi saya sendiri cara seperti itu memakan waktu. karena, ada salah satu nutrisi yang memberikan dengan Satu kepekatan untuk tanaman sejenis. Jadi, tidak repot mengatur kepekatan nutrisi dari minggu ke minggu. Cukup memberiberi nutrisi 1200ppm 1 kepekatan dari awal semai sampai panen. Mudah bukan? cek disini untuk nutrisinya.

Tinggal kita perlu memikirkan hal lain, mulai dari benih, manajemen penanamannya, waktu dan lain sebagainya. Tahap ini tidak perlu terlalu dalam belajarnya. Karena ini kita cukup belajar setidaknya kita tahu tanaman idealnya seperti apa.

Langkah Ketiga – Manajemen Waktu / Rotasi Tanam

Rotasi Tanam

Tahap terakhir ini hal penting. Sebelum mulai, bersiap-siap untuk supply hasil produksi dan kebun ke konsumen. Adalah, belajar rotasi tanam harus bisa tentukan mau panen berapa lama sekali. Misalnya, mau panen 1 bulan sekali, mau panen 3 bulan sekali, atau mau panen 3 minggu sekali, mau panen 1 minggu sekali. Atau bahkan, mau panen 3 hari sekali atau setiap hari. Bagaimanapun, harus pelajari di tahap ketiga ini karena tidak akan mungkin bisa supply ke mana pun. Kalau, dari kawan-kawan tidak konsisten ada panen.

Manajemen Tanaman Konsisten dan Kontinuitas

Setelah lolos dari Tahap pertama dan Tahap kedua. coba, pikirkan bagaimana cara konsisten dan kontinuitas untuk menetapkan tanaman hidroponik.

Pada dasarnya manajemen tanam hidroponik ini pengaturan waktu pembenihan atau persemaian secara bertahap. selanjutnya, pasti setiap orang berbeda beda mulai dari tempat, jumlah lubang tanam. Itu sebabnya, harus memperhatikan umur tanaman untuk menyesuaikan kapasitas lubang tanam hidroponik.

Untuk lebih detailnya bagaimana cara untuk rotasi tanam hidroponik. Berikutnya, tanamhidroponik.com juga akan menjabarkan tulisan berikutnya.

Kesimpulan Hidroponik Sederhana

  1. Tanam Dulu
  2. Tanaman Ideal
  3. Manajemen / Rotasi Tanam

Source: Rangkuman dari video Paramudita TV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *