fbpx

Blog

Cara Memotong Rockwool Hidroponik

by in Blogs September 30, 2020

Cara Memotong Rockwool Hidroponik. Biasanya, untuk pengganti media tanah dalam budidaya tanaman secara hidroponik. Rockwool terbuat dari batuan vulcanic yang diproses menjadi berbentuk seperti kapas yang mudah menyerap menahan air.

Manfaat Rockwool Hidroponik

Keungulan pemanfaatan rockwool sebagai media tanam Hidroponik yaitu:
• Ramah lingkungan
• Tidak mengandung patogen penyebab penyakit
• Dapat menampung air hingga 14 kali kapasitas tampung tanah
• Membantu meminimalkan penggunaan disinfektan
• Dapat mengoptimalkan peran pupuk.

Rockwool Hidroponik Cultilene merupakan produk yang cocok untuk menjadi media tanam hidroponik.
• Arah serat horizontal
• Bulk Densiti 45kg/m3
• Volume pori 98%

Persiapan Alat Dan Bahan Hidroponik

Rockwool sebagai media tanam hidroponik. Biasanya, bentuk rockwool persegi panjang dalam satuan SLAB berukuran 100 x 15 x 7,5cm.

Gergaji besi adalah alat yang cocok untuk cara memotong rockwool. Iris rockwool ke arah luar dengan sedikit ditekan. Saya menyarankan jangan mengiris rockwool dengan gesekan maju mundur. Iris dengan satu arah gesekan. Supaya, irisan rapih dan tidak banyak serpihan yang jatuh berantakan.

Rockwool agar Efektif dan Efisien

Potong satu slab rockwool menjadi 4 bagian sama panjang. Sehingga, masing masing berukuran panjang 25 cm, lebar 15 cm, dan tebal 7,5 cm.

Media tanam Rockwool

Setelah memiliki Rockwool 4 bagian ini. Kawan-kawan bisa perhatikan arah serat dari Rockwool Horizontal. Berarti, untuk keperluan semai usahakan benih ada disisi atas serat rockwool.

Ambil 1 bagian yang telah dipotong sebanyak 4 bagian. Lalu, pada sisi panjang beri tanda dengan jarak masing-masing 2,5 cm. Sehingga, media tanam rockwool terbagi menjadi 10 bagian dengan ukuran masing-masing tebal 2,5 cm, panjang 15 cm,x lebar 7,5 cm.

Rockwool, media tanam

Iris jangan sampai potong menjadi 3 bagian dengan masing-masing bagian 2,5 x 15 x 7,5 cm. Sehingga, rockwool menjadi tiga irisan tidak potong dengan ukuran masing-masing panjang 15 cm, lebar 2,5 cm, tebal 2,5 cm. boleh juga sampai terpotong.

media tanam, rockwool, bahan hidroponik

Selanjutnya rockwool yang sudah teriris 3 bagian. Iris lagi dengan jarak 2,5 cm jangan sampai potong. Sehingga, sekarang membentuk ada 18 Kotak kubus seperti dadu sama besar dengan ukuran masing-masing 2,5 cm x 2,5 cm x 2,5 cm.

Rockwool, media tanam

Ulangi cara serupa untuk potongan-potongan yang lain sampai seluruhnya terpotong menjadi 18 kotak kubus seperti dadu berukuran 2,5 cm x 2,5 cm x 2,5 cm.

Rockwool, media tanam

Dengan cara memotong seperti itu maka 1 slab ukuran 100 x 15 x 7,5 akan terbagi menjadi  720 potongan kecil. Sehingga, bisa mengetahui beban biaya produksi. juga, kawan-kawan sudah bisa cara memotong rockwool yang efektif.

Selanjutnya, menggunakan media tanam rockwool untuk keperluan semai telah siap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *